my-students2

gr-rumah1

Fisika Kelas X Semester 1

Oleh: Ato Suharto, M.Pd
Guru Fisika SMA Negeri 2 Bandar Lampung

01. Besaran dan Satuan

contoh0185Lord Kelvin, seorang fisikawan berkata: “Bila kita dapat mengukur apa yang sedang kita bicarakan dan menyatakan dengan angka-angka berarti kita mengetahui apa yang sedang kita bicarakan itu.” Bagaimana membuktikan teori tersebut? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi1, contoh-soal1, evaluasi-1, atau pembahasannya].

02. Gerak Lurus

embedAnda pernah menjatuhkan buah apel dan bulu ayam secara bersamaan dari ketinggian yang sama? Bagaimana mungkin bulu ayam yang jauh lebih ringan dari buah apel bisa tiba di lantai pada saat yang bersamaan dengan buah apel? Untuk mengetahui jawabannya, ayo pelajari bab ini dengan gembira dan antusias. [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi2, contoh-soal2, evaluasi-2, atau pembahasannya].

03. Gerak Melingkar Beraturan

contoh0187Anda tahu kemidi putar? Pada saat ber-GMB kemidi putar memiliki laju linear dan kecepatan sudut yang konstan, sehingga para penumpang menikmati permainan ini dengan nyaman. Sewaktu mengendarai mobil yang menempuh GLB, penumpang merasa nyaman karena mereka tidak mengalami percepatan. Apakah pada kemidi putar, penumpang merasa nyaman karena mereka tidak mengalami percepatan?. [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi3, contoh-soal3, evaluasi-3, atau pembahasannya].

04. Dinamika Partikel

contoh0552Benarkah bahwa suatu benda tidak mungkin mempertahankan geraknya?. Dalam bab ini anda akan mempelajari dinamika, yaitu cabang mekanika yang mempelajari penyebab dari gerak, yaitu gaya. Karena benda yang ditinjau dianggap sebagai partikel, maka disebut dinamika partikel. [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi4, contoh-soal4, evaluasi-4, atau pembahasannya].

gr-gelombang1

Fisika Kelas X Semester 2

Oleh: Ato Suharto, M.Pd
Guru Fisika SMA Negeri 2 Bandar Lampung

05. Optika Geometris

warna-cahaya1Ilmu Fisika yang mempelajari tentang cahaya disebut optika, yang dibagi menjadi dua; optika geometris dan optika fisis. Optika geometris mempelajari tentang pemantulan dan pembiasan, sedangkan optika fisis mempelajari tentang polarisasi, interferensi, dan difraksi cahaya. Pada bab ini anda hanya akan mempelajari optika geometris. Bagaimana optika geometris? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi5, contoh-soal5, evaluasi-5, atau pembahasannya].

06. Suhu dan Kalor

kalor1Aplikasi kalor dalam bidang teknologi mungkin terdapat di rumah anda, misalkan lemari es, suatu mesin yang diantaranya mengubah air menjadi es. Dapatkah anda memberi alasan kenapa kalor dapat dipindahkan dari benda yang suhunya rendah ke benda yang suhunya tinggi? Untuk mengetahui jawabannya mari kita pelajari bab ini?. [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi6, contoh-soal6, evaluasi-6, atau pembahasannya].

07. Listrik Dinamis

sumber-arus-dc1Studi tentang listrik dibagi dua yaitu listrik dinamis dan listrik statis. Listrik Dinamis mempelajari tentang muatan listrik bergerak, yang menyebabkan munculnya arus listrik. Mungkinkah lampu yang memiliki daya besar tetapi menyala paling redup?. Untuk mengetahui jawabannya mari kita pelajari bab ini. [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi7, contoh-soal7, evaluasi-7, atau pembahasannya].

08. Gelombang Elektromagnetik

gem1Anda telah mengetahui bahwa perpindahan kalor dari cahaya Matahari melalui ruang vakum ke Bumi adalah secara radiasi dengan gelombang elektromagnetik. Apakah hanya cahaya yang termasuk gelombang elektromagnetik. Untuk mencari jawabannya mari kita pelajari bab ini. [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi8, contoh-soal8, evaluasi-8, atau pembahasannya].

gr-gelombang2

Fisika Kelas XI IPA Semester 3

Oleh: Ato Suharto, M.Pd
Guru Fisika SMA Negeri 2 Bandar Lampung

09. Kinematika dengan Analisis Vektor

skySebenarnya gerak lurus dapat dianalisis tanpa memerlukan vektor. Tetapi untuk gerak pada bidang anda harus menganalisisnya dengan menggunakan vektor. Secara umum, besaran gerak (posisi, kecepatan, dan percepatan) dapat diuraikan atas dua komponen yang saling tegak lurus. Caranya? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi9, contoh-soal9, evaluasi-9, atau pembahasannya].

10. Hukum-hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi

troliBila anda mendorong benda, mungkin benda itu bergerak, mungkin juga diam. Bahkan setiap benda yang anda lemparkan dari permukaan bumi selalu jatuh kembali ke permukaan bumi. Mengapa? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi10, contoh-soal10, evaluasi-10, atau pembahasannya].

11. Elastisitas dan Gerak Harmonik Sederhana

ayunanSecara umum, suatu bahan memiliki sifat elastis. Misalnya sebuah pegas akan bertambah panjang bila diberi gaya. Lalu bila gaya dilepaskan pegas akan bergetar sampai akhirnya berhenti. Sebenarnya apa yang menyebabkan benda bergetar? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi11, contoh-soal11, evaluasi-11, atau pembahasannya].

12. Usaha dan Energi

angkat-beratTeorema usaha-energi dapat digunakan untuk memecahkan masalah gerak yang melibatkan gaya konservatif maupun gaya non-konservatif. Lalu bisakah hukum kekekalan energi mekanik memberikan alternatif pengganti hukum Newton tentang gerak? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi12, contoh-soal12, evaluasi-12, atau pembahasannya].

13. Impuls dan Momentum

jetKonsep momentum penting anda pelajari karena sangat bermanfaat untuk menyelesaikan masalah-masalah interaksi antara dua benda atau lebih, seperti tumbukan, ledakan, dan penembakan proyektil. Lalu bagaimana impuls dan momentum berperan dalam peristiwa tersebut? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi13, contoh-soal13, evaluasi-13, atau pembahasannya].

gr-gelombang3

Fisika Kelas XI IPA Semester 4

Oleh: Ato Suharto, M.Pd
Guru Fisika SMA Negeri 2 Bandar Lampung

14. Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar

dinamika-rotasiDalam benda tegar ukuran benda tidak diabaikan, implikasinya gaya-gaya yang bekerja pada benda dapat menyebabkan benda bergerak translasi, rotasi, bahkan vibrasi. Lalu apa yang menyebabkan benda tegar menjadi seimbang? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi14, contoh-soal14, evaluasi-14, atau pembahasannya].

15. Mekanika Fluida

pesawat-ruang-angkasaMengapa dengan desain sayap aerofoil bisa membuat pesawat terbang mengangkasa? Peristiwa ini sebenarnya bisa dijelaskan dengan teori fluida. Bagaimana? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi15, contoh-soal15, evaluasi-15, atau pembahasannya].

16. Teori Kinetik Gas

pantaiDalam bagian ini anda akan mempelajari sifat-sifat makroskopik dan mikroskopik gas ideal. Secara teori gas mengalir dari ruang bertekanan tinggi ke ruang bertekanan rendah. Lalu, bisakah gas mengalir dalam arah sebaliknya? dan apa saja sifat-sifat gas ideal? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi16, contoh-soal16, evaluasi-16, atau pembahasannya].

17. Termodinamika

handsDisini anda akan mempelajari perubahan energi dalam suatu gas dan faktor-faktor yang mempengaruhi energi dalam tersebut. Dengan belajar bab ini anda akan memahami bagaimana kalor dapat mengalir dari tandon rendah ke tandon tinggi. Lalu apa itu termodinamika? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi17, contoh-soal17, evaluasi-17, atau pembahasannya].

gr-gelombang4

Fisika Kelas XII IPA Semester 5

Oleh: Ato Suharto, M.Pd
Guru Fisika SMA Negeri 2 Bandar Lampung

18. Gejala Gelombang

watterSejumlah tetes zar cair yang dijatuhkan secara vertikal pada permukaan air yang tenang menghasilkan suatu pola gelombang yang bergerak secara radial menjauhi tempat jatuhnya zat cair tersebut. Bagaimana hal tersebut terjadi? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi18, contoh-soal18, evaluasi-18, atau pembahasannya].

19. Gelombang Elektromagnetik

pelangiCahaya matahari mengalami polarisasi akibat penghamburan cahaya oleh atmosfer. Lebah-lebah dapat melihat cahaya terpolarisasi ini sehingga membantu lebah dalam menentukan arah terbang, sebagai navigasi. Lalu bagaimanakah proses terjadinya garis-garis warna pada lapisan tipis minyak dipermukaan air? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi19, contoh-soal19, evaluasi-19, atau pembahasannya].

20. Gelombang Mekanik

tiup1Pada instrumen-instrumen musik seperti gitar, frekuensi dari not yang dimainkan oleh seutas senar dapat diubah-ubah. Mengapa gelombang bunyi termasuk gelombang longitudinal? Dan dapatkan bunyi berambat melalui vakum?. Lalu bagaimana superposisi dari dua gelombang bunyi yang frekuensinya berbeda sedikit menghasilkan bunyi keras lemah secara periodik? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi20, contoh-soal20, evaluasi-20, atau pembahasannya].

21. Medan dan Potensial Listrik

sumber-energiBetapa kotornya gas buang dari sebuah cerobong PLTU batu bara apabila tidak memasang mengendap elektrostatis. Lalu bagaimanakah prinsip listrik statis dimanfaatkan dalam satu cerobong untuk mengurangi polusi udara? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi21, contoh-soal21, evaluasi-21, atau pembahasannya].

22. Kapasitor

memotoBeberapa keyboard pada sebuah komputer memanfaatkan perubahan nilai kapasitas sebagai switcing (penghubung). Sebuah keping logam yang dipasangkan pada keyboard bertindak sebagai kapasitor. Hanya dengan menekan sedikit keyboard ini seseorang dapat memasukan informasi ke dalam komputer. Bagaimana ini bisa terjadi? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi22, contoh-soal22, evaluasi-22, atau pembahasannya].

gr-gelombang5

Fisika Kelas XII IPA Semester 6

Oleh: Ato Suharto, M.Pd
Guru Fisika SMA Negeri 2 Bandar Lampung

23. Radiasi Benda Hitam

gersangMatahari sangat jauh dari bumi, kira-kira 150 juta kilometer, dan suhu permukaannya juga sangat tinggi. Karena itu sangat sukar untuk mengukur suhu matahari secara langsung. Jika demikian, bagaimana caranya para ahli fisika dan astronomi menaksir suhu matahari dan bintang-bintang yang jauh? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi23, contoh-soal23, evaluasi-23, atau pembahasannya].

24. Fisika Atom

alat-ukurModel atom dapat berupa prototipe yang menunjukan inti dengan proton-proton dan neutron-neutronnya. Di sekitar inti terdapat elektron-elektron yang bergerak sangat cepat. Bagaimana mengetahui dengan pasti di mana lokasi sebuah elektron tertentu dalam sebuah atom? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi24, contoh-soal24, evaluasi-24, atau pembahasannya].

25. Relativitas

kg-starndarKebanyakan pengalaman dan pengamatan kita sehari-hari berhubungan dengan kecepatan yang jauh lebih kecil dari pada kecepatan cahaya. Dalam kasus relativitas khusus kita akan belajar bagaimana kecepatan, massa, panjang, dan bahkan waktu menjadi besaran yang relatif. Akankah hukum kekekalan momentum berlaku bagi kerangka acuan yang bergerak? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi25, contoh-soal25, evaluasi-25, atau pembahasannya].

26. Fisika Inti

apolo1Penyusun inti atom adalah proton dan netron. Mengapa dengan proton-proton sebagai muatan yang sejenis yang saling tolak menolak tetapi tetap bersatu dalam inti? Bagaimana radioisotop dimanfaatkan dalam diagnosa penyakit, membunuh sel kanker, menerka umur fosil dan batuan? [Selengkapnya dalam; media presentasi, rangkuman-materi26, contoh-soal26, evaluasi-26, atau pembahasannya].

gr-gelombang6

KAPITA SELEKSTA MATERI FISIKA SMA

KELAS X

1. Kinematika
a. Gerak Lurus Beraturan (GLB)
b.
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
c.
Grafik Gerak Benda
d.
Gerak Karena Pengaruh Gravitasi
e.
Gerak Berbentuk Parabola
f.
Gerak Melingkar

2. Dinamika
a. Gaya termasuk Vektor
b.
Hukum Newton
c.
Gaya Gesek
d.
Gaya Sentripetal
e.
Usaha dan Energi
f.
Daya
g.
Momentum dan Impuls
g.1.
Hukum Kekekalan Momentum
g.2.
Hukum Hooke

3. Kesetimbangan Benda Tegar
a. Pusat Massa dan Titik Berat
b.
Rotasi Benda Tegar
c.
Kesetimbangan
d.
Menggeser dan Mengguling

4. Fluida dan Kalor
a. Fluida Statis
b.
Fluida Dinamis
c.
Suhu
c.1.
Sifat Termal Zat
c.2.
Titik Didih
d.
Kalor
d.1.
Pertukaran Kalor
d.2.
Perambatan Kalor

5. Teori Kinetik Zat
a.
Teori Kinetik Gas
b.
Hukum I Termodinamika
c.
Hukum II Termodinamika
d.
Mesin Carnot

KELAS XI

1. Gelombang dan Bunyi
a. Pengertian Getaran dan Persamaan Getaran Harmonis
b.
Fase, Beda Fase dan Gaya Penyebab Getaran Harmonis
c.
Energi Getaran Harmonis dan Contohnya
d.
Macam-Macam Gelombang
e.
Persamaan Gelombang Berjalan
f.
Pelayangan dan Resonansi
g.
Cepat Rambat Gelombang
h.
Sumber Bunyi
i.
Efek Doppler
j.
Intensitas dan Taraf Intensitas Bunyi

2. Medan Gravitasi dan Medan Listrik
a. Medan Gravitasi
b.
Muatan Listrik
c.
Kuat Medan Listrik dan Hukum Coulomb
d.
Potensial dan Energi Listrik
e.
Grafik Kuat Medan Listrik (E) dan Potensial Listrik (V)
f.
Garis-Garis Gaya dan Hukum Gauss
g.
Kapasitor

3. Listrik Arus Searah
a. Arus Listrik
b.
Hambatan Jenis dan Hambatan Listrik
c. Hukum Ohm
d.
Energi dan Daya Listrik
e. Rangkaian Listrik

4. Listrik Arus Bolak-Balik
a. Arus dan Tegangan Listrik Bolak Balik
b.
Generator
c.
Induktor dalam Rangkaian Arus Bolak Balik
d.
Kapasitor pada Rangkaian Arus Bolak Balik
e.
Fasor
f.
Rangkaian Seri RLC
g.
Daya

5. Magnet
a. Medan Magnet
a.1.
Garis Gaya dan Fluks Magnetik
a.2.
Timbulnya Medan Magnet
a.3.
Pengaruh Medan Magnet
a.4.
Sifat Magnetik Bahan
b.
Imbas Elekromagnetik
c.
Penerapan Induksi Elektromagnetik

KELAS XII

1. Optika Geometri
a. Pemantulan dan Pembiasan
b.
Pembentukan Bayangan dalam Cermin
c.
Pembentukan Bayangan pada Lensa Tipis
d.
Lensa Gabungan dan Kekuatan Lensa
e.
Cacat Bayangan pada Lensa

2. Optika Fisis
a. Warna Benda
b.
Dispersi pada Prisma
c.
Interferensi pada Lapisan Tipis Planpararel
d.
Difraksi dan Interferensi
e.
Diflaksi (Lenturan) pada Kisi
f.
Polarisasi (Pengutuban)

3. Alat-Alat Optik
a. Mata dan Kaca Mata
b.
LUP (Kaca Pembesar) dan Mikroskop
c.
Teleskop (Teropong)

4. Gelombang Elektromagnetik
a.
Teori Maxwell
b.
Spektrum dan Sumber Gelombang Elektromagnetik
c.
Sifat Gelombang Elektromagnetik

5. Teori Relativitas Khusus
a. Pendahuluan
b.
Penjumlahan Kecepatan Relativitas dan Dilatasi Waktu
c.
Kontraksi Panjang dan Massa Relativitas
d.
Kesetaraan Massa-Energi

6. Teori Kuantum
a.
Hipotesis Planck
b.
Efek Foto Listrik
c.
Sifat Dualisme Gelombang Partikel
d.
Prinsip Ketidakpastian Heisenberg

7. Fisika Atom Dan Fisika Inti
a. Struktur Atom
b. LASER (Light Amplication by Stimulated Emision of Radiation)
c. Struktur Inti Atom

d.
Radioaktivitas
e.
Transmutasi Inti dan Piranti Eksperimen Fisika Inti
f.
Radioisotop, Difraksi Sinar-X dan Pita Energi
g. Semikonduktor

gr-gelombang6

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL FISIKA SMA

Soal UN Fisika dari 1986 s.d 2006 (maaf, yang terbaru aku belum punya)

gr-gelombang6

Seluruh isi file Pembelajaran ini bebas didownload setelah konfirmasi.

(Konfirmasi silahkan e-mail ke ato5592@yahoo.co.id, jangan lupa mencantumkan identitas anda)gr-batu1

10 Responses to “e-Learning”

  1. khansa Says:

    wah ngebantu banget nih

  2. annisa joenoes Says:

    terimakasih banyak atas e learningnya. sangat membantu saia dalam mengajar privat.

  3. pio Says:

    Wah thanks berat yaw, gw mahasiswa ITB yng lg bingung cz dah lupa semua plajaran sma, buku kuliah tebel2 & bnyak yg g penting isinya


  4. wah..
    materinya sangat lengkap ditambah dengan soal-soal yang dapat dipelajari siswa.
    saya mau minta ijin permisi untuk menempelkan link site blog bapak di blog saya. maksudnya untuk mempermudah akses ke site yang bapak bangun..
    semoga pendidikan&pengajaran fisika di Indonesia tambah maju..
    selamat…

  5. denianggraini Says:

    pak ato… saya deni guru fisika sma 2 ktb… salam kenal.. oh ya, saya download silabus nya ya… blog bapak sangat membantu n memotivasi saya. terimakasih banyak pak…

  6. fanioz Says:

    terima kasih pak, saya bisa belajar fisika lagi tanpa harus balik ke sma 😀
    mau saran untuk downloadable materi saya mohon dipecah dengan ukuran yang lebih kecil. Misalnya materi no.10 (13 mb) dengan ukuran file segitu menyulitkan saya untuk mendownload apalagi koneksi internetnya pas-pasan.
    anyway, Terima kasih

  7. rera Says:

    saya lulusan tahun 2007 sma, saya lihat dari artikel iatas fisika sma makin berkembang cakupan materi yang diberikan, hal ini sangat baik karena nanti ketika di perkuliahan (misalnya mengambil jurusan fisika) tinggal memperdalam saja..
    terimakasih..

  8. Asep Saepul Hidayat Says:

    Pak Ato apa khabar ?
    wah… saya salut benar nih, terus konsisten kaji fisika, sy siap bantu, naskah lain untuk di terbitkan….. bagaimana ?

  9. GilanG Candra Kusuma Says:

    Good LucK Pak….
    Jadilah guru yang profesional…..
    Terima kasih bapak guru, sebagai balasannya saya akan menyanyikan lagu buat bpa ibu guru….

    Terpujilah wahai engkau
    ibu bapak guru
    Namamu akan selalu hidup
    dalam sanubariku

    Semua baktimu
    akan kuukir di dalam hatiku
    Sebagai prasasti
    terima kasihku tuk pengabdianmu

    Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
    Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
    Engkau patriot pahlawan bangsa…
    tanpa tanda jasa

  10. cobaberbagi Says:

    Saya mengajar fisika di Pontianak pak. Salut dengan apa yang bapak sumbangkan untuk kemjuan pendidikan Indonesia. Terus berbagi pak

Leave a comment