papa-edit11.jpgTentang Papa

(Dirangkum dan dikutip dari portofolionya Papa)

Oleh kami, yang meneladani jejak Papa:
Dicky Yoshamdhani, Mega Laelatusyifa, dan Desi Apriliyanti

 

Ato Suharto. Papa kami lahir di Indramayu pada hari Minggu 09 Pebruari 1969. Ayah Papa, (kakek kami, Sofyan bin Muin Al-Azhar, anak seorang penghulu dari Desa Patrol Kecamatan Anjatan Indramayu) adalah seorang mantri kesehatan dan pernah bertugas di sebuah satuan Angkatan Udara RI, setelah pensiun kemudian bergabung di Legiun Veteran Republik Indonesia. Ibu Papa (nenek kami), RA. Ralem binti R. Sarnidem anak seorang petani terpandang dan disegani dari tempat dimana Papa dilahirkan, kampung Sabrangwetan desa Kertajaya kecamatan Bongas kabupaten Indramayu provinsi Jawa Barat.

Sewaktu kecil, Papa kami pernah bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Papa dulu bersekolah di SD Negeri 1 Bongas (1976-1982), kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Indramayu (1982-1985), kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 1 Indramayu program A-1 (Ilmu-ilmu Fisik) (1985-1988). Setelah lulus SMA Papa kuliah S1 di IKIP Bandung (sekarang UPI Bandung) mengambil Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA IKIP Bandung (1988-1993), dan kemudian melanjutkan studi S2 di Universitas Lampung (2005-2008). [Catatan kecil Papa bahkan pernah mencatat, bahwa Papa sekolah di SMA dan kuliah di IKIP Bandung dengan biaya yang Papa peroleh dari hasil kerja Papa sebagai pembantu tukang sablon pada Toto Sablon di Indramayu (semasa SMA) dan sebagai pembantu penjual warung makan (tenda malam di depan kampus, Jl. Dr. Setiabudhi Bandung), bagian cuci piring dan penyajian (semasa kuliah di IKIP Bandung)].

Semenjak masa SMA, Papa aktif di banyak keorganisasian seperti, OSIS (waka II OSIS SMA Negeri 1 Indramayu, 1997-1998), Pramuka (Penegak Laksana Garuda (Cibubur: 1997-), saka Kencana), Kepala Staff PMR SMA Negeri 1 Indramayu (1987-1988), KSR PMI Cabang Indramayu (1998-). Pada masa kuliah Papa juga aktif sebagai Sekretaris Umum Hima Jurdik Fisika (1988-1989), Sekretaris II Senat Mahasiswa FPMIPA (1989-1990), Ketua Umum Ika Dharma Ayu Bandung (1989-1991), dan pernah memimpin PRPA Al-Furqon IKIP Bandung (1990-1991), dan segudang aktifitas lainnya.

Menikah dengan Mama (Rofiqoh binti Karta bin Catu) yang lahir 5 Juni 1973 pada Sabtu 11 September 1993 atau bertepatan dengan tanggal 24 Robiul Awal 1414 H (Saat itu Mama baru lulus dari MA Al-Islah Sumuradem dan menyelesaikan studi non-formal dari Pondok Pesantren Singaraja). Mama sekolah di MA dan di Pondok Pesantren karena Nenek (Suaebah binti Hi. Rois) terlahir dari keluarga yang sangat taat dalam beragama. Satu tahun setelah usia pernikahan mereka, saya: Dicky Yoshamdhani (31 Mei 1994) lahir. Tiga tahun kemudian (09 Juni 1997) lahir adik saya yang cantik Mega Laelatusyifa. Lalu menyusul adik kedua saya yang tidak kalah cantiknya Desi Apriliyanti yang lahir pada 09 April 2001.

Pengalaman mengajar secara formal Papa dimulai dari SMA Negeri 15 Bandung (1992-1993) dan di SMA Negeri 1 Indramayu (1993-1994). Melalui program ikatan dinas Papa diangkat menjadi pegawai negeri pada 1994. SK pengangkatannya sebagai seorang guru sebenarnya sesuatu yang muncul diluar dugaan Papa. Betapa tidak, pada 1993 Papa pernah ditawari untuk menjadi dosen di IKIP Bandung oleh Ibu Dra. Roswati Mudjiarto (saat itu beliau sebagai ketua jurusan Fisika FPMIPA IKIP Bandung) tapi kesempatan itu tidak Papa ambil, karena keinginannya yang lain. Akhirnya nasib berkata lain, dengan SK Menteri P&K No. 53804/A2.IV/1/C/1994, terhitung 01 Maret 1994, Papa malah diangkat sebagai guru pada SMA Negeri Kalirejo Lampung Tengah. Semenjak SK pengangkatannya tersebut, Papa kami aktif sebagai seorang guru di SMA Negeri 1 Kalirejo (1993-1999). Selama di Kalirejo, Papa juga pernah mengajar Komputer di SMK Pancakrida Kalirejo Lampung Tengah (1995-1999). Selanjutnya melalui SK Kakanwil Depdikbud Provinsi Lampung No. 2082/I.12.C1/KP/1999, terhitung 01 April 1999 Papa dipindah tugaskan ke SMA Negeri 1 Bandar Lampung (1999-2004). Saat aktif di SMA Negeri 1 Bandar Lampung, Papa pernah mengajar Fisika di SMA BPK Penabur Bandar Lampung (1999-2000). Kemudian terhitung mulai 24 Januari 2004, melalui SK Walikota Bandar Lampung No. 824/02/25/2004 Papa dipindah tugaskan ke SMA Negeri 2 Bandar Lampung (2004-).

Papa, termasuk sosok guru yang sangat sibuk. Tercatat tidak kurang dari 15 kali Papa pernah mengikuti atau bahkan sebagai pelaksana penataran maupun pelatihan tingkat nasional, tidak kurang dari 10 kali tingkat provinsi, tidak kurang dari 25 kali tingkat kabupaten/kota. Papa juga pernah 7 kali membawa siswanya mengikuti lomba tingkat nasional (3 di luar Jawa dan 4 di Jawa) baik olimpiade sains maupun lomba karya tulis ilmiah. Prestasi siswa binaannya untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota sudah tidak terbilang. Bahkan Papa sendiri pernah memenangkan lomba Teknologi Terapan Tingkat Provinsi Lampung sebagai juara I, dan lomba penulisan imtaq sebagai juara III untuk tingkat nasional. Lebih membanggakan kami lagi, sebagai seorang guru Papa mampu berkompetisi di bidang ICT secara nasioanl sehingga menerima anugerah e-Learning award 2008 untuk kategori telekolaborasi on-line dari menteri Pendidikan Nasional dengan disaksikan oleh menteri Riset & Teknologi, dan menteri Infokom di Gedung Kautaman Pewayangan TMII Jakarta 28 Oktober 2008 lalu. Banyak tulisan Papa yang sudah dimuat di koran lokal, seperti Radar atau Lampung Post.

Di organisasi formal, Papa saat kini dipercaya menjadi Ketua Umum FKP-MGMP SMA Kota Bandar Lampung (2004-), sebagai Sekretaris Program RSBI SMA Negeri 2 Bandar Lampung (2007-), sebagai Sekretaris II IKA IKIP Bandung Wilayah Provinsi Lampung (2006-) dan lain sebagainya.

Ditengah kesibukannya sebagai guru fisika SMA dan aktifitas formal lainnya, Papa juga masih banyak meluangkan waktu untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Seiring perpindahan tugas Papa ke SMA Negeri 1 Bandar Lampung kami sekeluarga pindah rumah ke Perumnas Bukit Kemiling Permai. Disana kami mulai menempati rumah kecil yang Papa beli, rumah tipe-36 RSS yang berdinding batako dan beratap asbes. Satu bulan semenjak kepindahanya Papa langsung dipilih menjadi Ketua RW 05 Lk VI Kelurahan Sumberrejo Kecamatan Tanjung Karang Barat (1999-2001). Manakala kemudian Kemiling Permai dimekarkan dari Sumberrejo, Papapun didaulat menjadi Kepala Lingkungan III Kemiling Permai (2001-). Kini kesibukan Papa semakin banyak, dari mulai sebagai Kepala Lingkungan, sebagai Ketua Umum Ta’mir Masjid Jabal Nur (2003-) yang dibangunnya bersama warga sekitar dari tahun 2001-, sebagai Ketua SOKLI (2002-), sebagai anggota FKPM (2006-), dan lain sebagainya. Rentetan prestasi hidup itu rupanya membawa berkah sendiri bagi Papa kami. Alhamdulillah pada 20-29 Mei 2008 Papa mendapatkan kesempatan untuk menjadi tamu Allah SWT., menunaikan ibadah Umroh di Baitullah (Makkah Al-Mukaromah Saudi Arabia) atas biaya Gubernur Provinsi Lampung.  Bahkan Papa sekarang sering berpergian ke Singapura (2009, 2010) dan Malaysia (2009, 2010) untuk banyak belajar agar kemampuan mengabdi pada dunia pendidikan di tanah air lebih baik lagi.

Kami bangga pada Papa atas semuanya. Kami juga bangga punya Mama yang mau memahami kesibukan Papa. Kami bangga pada mereka berdua karena kami tahu mereka sayang kami semua. Semoga catatan kecil ini dapat menjadi motivasi teladan bagi kami putra-putri Papa-Mama tercinta.

 

Kami, buah hati tercinta Papa-Mama:

Dicky Yoshamdhani, Mega Laelatusyifa, dan Desi Apriliyanti

3 Responses to “History”

  1. Maswit Says:

    Assalaamu’alaikum wr. wb.
    Saya lagi cari-cari info tentang alumni SMU (SMA) N Kalirejo, alhamdulillah nyasar ke blog ini. Titip salam buat Pak Atok. Saya Wiwit TS lulus tahun ’98, meski tidak diajar langsung oleh beliau, cukup mengenal beliau dengan baik sebagai guru yang berdedikasi tinggi. Terima kasih juga untuk fotonya…🙂
    Silahkan kunjungi blog-ku untuk bersilaturahim.
    Wassalaamu’alaikum wr. wb.


  2. Salam Kangen Pak Ato…Saya Koes…Alumni SMUNSAKARE…lulus tahun ’97
    Mudah2an Bapak masih inget sama saya…

  3. ABU ROSID ISTOMI Says:

    Salam buat pak atok! saya siswa yang pernah bapak ajar dan lulus tahun 96. Rombongan saya: abdul halim, sutarno (magister MSAPP UNILA), riswanto, suherman, eko p dll. saya sekarang tinggal di mesuji sebgai pelayan masyarakat di kab. mesuji. trima ksh atas semua yang bapak berikan selama saya dididik bapak dulu dan banyak manfaatnya, terutama sejumlah motivasi untuk maju. sekarang saya lagi ngambil magister ilmu lingkungan di UNIla. mudahh-mudahan cepat selesai, doa kan jika ada kesempatan penginnya sekolah lagi jika s2 ini selesai. amiin. saya doakan pak atok terus ingat dengan SMA N Kalirejo dimana kita sempat merajut kebersamaan. smoga kesuksesan selalu menyertai kita selalu.(ABU ROSID ISTOMI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s